Akademik

Kurikulum 2015 PS Kehutanan UNIB

Kurikulum 2017 PS Kehutanan UNIB

Setiap mahasiswa baru Jurusan Kehutanan mendapat layanan bimbingan mahasiswa dari dosen Pembimbing Akademik (PA) dengan panduan Buku Panduan Akademik. Bentuk pelayanan lain yang diberikan kepada mahasiswa adalah bimbingan skripsi. Bimbingan skripsi ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah dinyatakan berhak dan pantas untuk melaksanakan penelitian. Pantas dan berhaknya mahasiswa melaksanakan kegiatan penelitian apabila mahasiswa telah menempuh perkulihan sebanyak 110 SKS.

Setiap mahasiswa mendapat layanan bimbingan skripsi secara formal sebanyak dua orang dosen, yang berfungsi sebagai Pembimbing Utama dan Pembimbing Pendamping. Penetapan dosen pembimbing ditentukan oleh Jurusan Kehutanan berdasarkan pertimbangan dari Komisi Skripsi.

Dalam upaya memperlancar kegiatan studi mahasiswa dan meningkatkan kesejahteraan kepada mahasiswa, institusi memberikan beasiswa bagi mahasiswa. Ada beberapa bentuk beasiswa yang dapat diberikan kepada mahasiswa Jurusan Kehutanan. Namun tidak semua mahasiswa dapat memperoleh beasiswa. Ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh beasiswa tersebut, diantaranya prestasi akademik mahasiswa (IPK) dan kemampuan finansial orang tua mahasiswa. Sejauh ini pengaturan penerimaan beasiswa masih menjadi wewenang fakultas (Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan) berdasarkan pertimbangan dari Jurusan.

Beasiswa yang pernah diberikan kepada mahasiswa Jurusan Kehutanan adalah beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Kerja Mahasiswa (BKM), Asean Development Bank (ADB), beasiswa Supersemar, beasiswa Astra Motor,  beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Bank Bengkulu, beasiswa Pertamina (BBM & PKPS BBM), beasiswa dari Pemerintah Jepang, beasiswa Bantuan Gempa, beasiswa Toyota Astra, beasiswa Medco Oil & Gas, dan beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa. Beberapa dari bantuan beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Dengan demikian bantuan yang diberikan memiliki efektifitas yang cukup tinggi.