Serunya Belajar Tipe-tipe Ekosistem Hutan dalam Kuliah Lapangan

Kuliah lapangan (KL) adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Jurusan Kehutanan FP UNIB setiap tahun. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah wajib yang ditawarkan di semester genap yang bertujuan untuk mengenalkan tipe-tipe ekosistem hutan dari tepi pantai hingga pegunungan, terutama di daerah iklim tropis. Pada tahun ajaran ini, kuliah lapangan telah dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu yang terbagi dua bagian, tepatnya hari Sabtu, 21 Mei 2022 dan Sabtu-Minggu, 28-29 Mei 2022. Pada hari pertama, KL bertempat di Pulai Baai, Kota Bengkulu untuk mempelajari tipe ekosistem hutan mangrove dan hutan pantai. Sepekan setelahnya, KL dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Cagar Alam (CA) Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah dan Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba, Kab. Rejang Lebong yang masing-masing untuk mempelajari tipe ekosistem hutan dataran rendah dan pegunungan.

Kegiatan KL kali ini diikuti hampir 80 peserta dari mahasiswa angkatan 2020 dan beberapa angkatan 2019 yang terbagi menjadi 8 kelompok dengan masing-masing kelompok didampingi co-assistant. Ketua Jurusan Kehutanan FP UNIB, Ir. Edi Suharto, MP. juga turut hadir mendampingi kegiatan KL kali ini yang dimotori oleh Dr. Wahyudi Arianto, M.Si. dan Fajrin Hidayat, S.Hut., M.Si. sebagai dosen pengampu mata kuliah ini. Beberapa dosen yang lain juga ikut bergabung untuk memberikan pengarahan dan pengalaman kepada mahasiswa peserta KL.

Pelaksanaan KL pada semester ini berjalan cukup lancar. Walaupun pada beberapa hari sebelumnya cuaca sedang tidak menentu dengan terkadang hujan deras dan panas terik, cuaca cukup cerah pada hari-H pelaksanaan KL. Para peserta juga sangat antusias dengan kegiatan ini karena mendapatkan pengalaman langsung di lapangan untuk mengenal tipe ekosistem hutan dan mempelajari interaksi faktor biotik dan abiotik di dalamnya. Mereka juga diberikan pengarahan dan motivasi oleh dosen pendamping tentang pentingnya memahami hal tersebut sebagai bagian dari pemahaman dan keterampilan dasar yang sangat berharga bagi seorang forester ketika terjun ke dunia nyata lapangan kerja di masa yang akan datang.

Berikut merupakan beberapa dokumentasi kegiatan Kuliah Lapangan yang sudah dilaksanakan tersebut. Sampai jumpa di Kuliah Lapangan tahun depan bagi mahasiswa angkatan berikutnya!

KL di Ekosistem Mangrove Pulau Baai

KL di CA Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah dan TWA Bukit Kaba, Kab. Rejang Lebong