Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional HIMA Sylva PCSI UNIB

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional diperingati pada tanggal 21 Febuari 2022. Saat ini, sampah menjadi permasalahan yang dihadapi oleh seluruh masyarakat dunia. Hal ini disebabkan karena produksi sampah dari hari ke hari terus meningkat, serta kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Menindaklanjuti hal tersebut, bidang PSDA (Pengembangan Sumber Daya Anggota) dan Kewirausahaan HIMA Sylva PCSI UNIB mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian akan permasalahan sampah yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 19-21 Februari 2022. Kegiatan ini mengusung tema Reuse, Reduce, Recycle, Remember for the Future.

 

Pada hari pertama, 19 Februari 2022 dilaksanakan seminar Edukasi Pengenalan dan Pengolahan Sampah di Aula Jurusan Kehutanan. Seminar ini diikuti oleh Anggota HIMA Sylva PCSI UNIB dengan pemateri Ahmad Kemal Prasadda (Mahasiswa Kehutanan 2018) yang merupakan Founder Sahabat Bumi dan Putra Kebudayaan Indonesia. Pada seminar ini, disampaikan penjelasan tentang sebab dan akibat yang terjadi karena sampah serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Kegiatan seminar dilaksanakan dari pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB dan dilanjutkan dengan pembuatan pupuk kompos dari sampah bekas batlog jamur tiram.

Pada hari kedua, 20 Februari 2022 dilakukan gotong royong membersihkan area kesekretariatan  HIMA Sylva PCSI UNIB dan Laboratorium Kehutanan Universitas Bengkulu.

 

Pada hari ketiga 21 Februari 2022 yang merupakan puncak acara, diadakan gerakan membawa botol minum sendiri. Gerakan ini dilaksanakan sebagai wujud nyata dalam mengurangi sampah plastik dan harapannya dapat mengajak orang lain untuk sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.