Workshop Penyusunan RPS dan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) 2021

Dalam perencanaan untuk implementasi kurikulum MBKM 2021 yang sudah dicanangkan oleh Kemendikbudristek, Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian UNIB melakukan workshop dengan tema tersebut pada Rabu, 10 November 2021 di Ruang Rapat Dekanat Fakultas Pertanian UNIB. Workshop tersebut juga mengundang stakeholder terkait baik instansi pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, maupun alumni, diantaranya BKSDA Bengkulu dan Lampung, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu dan KPHL Bukit Daun, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Walhi.

Secara umum, para stakeholder mendukung penuh dan siap bermitra dengan Jurusan Kehutanan dalam penerapan kurikulum MBKM yang memberikan opsi bagi mahasiswa untuk belajar di luar program studi atau kampus dengan total 60 sks. Walaupun demikian, komunikasi dan koordinasi perlu dijaga agar sasaran dan luaran dari program MBKM dengan para mitra dapat tercapai.

Selain itu, para stakeholder juga menyampaikan beberapa masukan dan saran bagi pengembangan dan penguatan kapasitas lulusan Jurusan Kehutanan. Beberapa diantaranya adalah perlunya peningkatan qualitative and social skill dalam menjawab tantangan aspek sosial pengelolaan hutan dan juga memahami serta memberdayakan interaksi masyarakat hutan. Selain itu, perlunya memenuhi aspek minimal dalam kompetensi dasar baik secara pengetahuan, sikap, maupun keterampilan praktis dalam pekerjaan di bidang kehutanan. Terakhir, para stakeholder juga menyampaikan perlunya para lulusan untuk mempunyai awareness terhadap isu-isu global kehutanan lingkungan, seperti misalnya konservasi dan perubahan iklim.